4 Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui

Kanker serviks, adalah salah satu jenis kanker yang saat ini berhasil menempati peringkat kedua sebagai jenis kanker yang paling banyak menelan korban jiwa. Pada tahun 2005, ada lebih dari 250.000 jiwa yang melayang akibat mengidap penyakit ini. Jumlah kematian terbesar terjadi di negara-negara berkembang termasuk di Indonesia. Menurut penelitian para ahli, jika diamati dari pola dan gaya hidup masyarakat saat ini, dalam jangka waktu 10 tahun mendatang presentase kematian akibat penyakit kanker serviks akan semakin meningkat.

Kanker serviks

Dengan pola hidup yang tidak sehat, belum lagi rendahnya kemauan masyarakat untuk melakukan skrining (deteksi dini penyakit kanker serviks) membuat penyakit ini semakin menjamur. di Indonesia, penderita kanker serviks paling banyak dialami oleh wanita berusia 52 tahun. Namun, bukan berarti wanita yang belum menginjak usia tersebut akan selamat dari penyakit mematikan ini. Semua harus mewaspadai dan juga berusaha sekuat tenaga untuk mencegah penyakit ini agar tidak menyerang kesehatan mereka. Akan tetapi, bagaimana cara mencegah penyakit kanker serviks jika kita tidak mengetahui faktor-faktor penyebab penyakit ini? Untuk mengatasi hal tersebut, berikut akan saya jelaskan mengenai faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker serviks pada wanita.

Yang pertama adalah merokok. Perlu anda ketahui, tembakau merupakan bahan yang mengandung bahan karsinogen yang tidak baik untuk kesehatan kita. Bahan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan DNA epitel serviks. Hal inilah yang kemudian akan menjadi tahap awal timbulnya kanker serviks pada wanita. Oleh sebab itu, pastikan agar anda menghindari kebiasaan merokok demi mencegah penyakit kanker serviks dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Faktor penyebab kanker serviks yang kedua adalah diet. Diet rendah karotenoid dan defisiensi asam folat merupakan pemicu timbulnya penyakit kanker serviks pada wanita. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi buah dan sayur merupakan hal yang sangat baik untuk mencegah penyakit kanker karena buah dan sayur banyak mengandung antioksidan yang mampu mencegah penyakit kanker serviks. namun, jika anda melakukan defisiensi terhadap asam folat, vitamin C dan vitamin E maka resiko anda terkena penyakit kanker serviks akan semakin meningkat.

Faktor yang ketiga adalah rendahnya penyedia layanan kesehatan. Mengingat perkembangan penyakit yang semakin meningkat, sudah sepantasnya jangkauan pelayanan kesehatan semakin diperluas. Namun faktanya, hal ini tidak berlaku di beberapa daerah bahkan di beberapa negara berkembang  di dunia.Karena hal inilah masyarakat merasa kesulitan untuk mengantisipasi berbagai jenis penyakit yang harus dilakukan dengan skrining dimana skrining hanya dapat dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap serta jajaran tenaga kesehatan yang profesional.

Kanker serviks

Faktor penyebab yang selanjutnya adalah karena usia ketika seorang wanita pertama melakukan hubungan seksual. Perlu anda ketahui, selain tidak boleh berganti-ganti pasangan sex, seorang wanita juga tidak boleh sembarangan menentukan kapan ia akan melakukan hubungan sex untuk pertama kalinya. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh beberapa ahli, wanita yang melakukan hubungan sexual pertama kali diusia kurang dari 18 tahun akan beresiko terkena penyakit kanker serviks. Hal ini juga akan semakin parah apabila pasangan sex juga mengidap penyakit kelamin menular yang dapat membuat wanita ikut terjangkit. Oleh karena itu, demi menjaga etika, moral dan kesehatan, pastikan anda melakukan hubungan seksual ketika sudah ada ikatan sah. Bukan tanpa alasan, namun nyatanya sebelum dilakukan pernikahan biasanya antara pria dan wanita akan diperiksa kesehatannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa faktor penyebab kanker serviks yang harus anda ketahui agar dapat menghindarinya. Semoga bermanfaat 

0 Response to "4 Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

wdcfawqafwef